Hanya karena Anda seorang pengembang perangkat lunak tidak berarti bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang branding. Bahkan, jika Anda benar-benar ingin meningkatkan karir Anda, Anda akan secara aktif mengelolanya dengan menciptakan merek pribadi Anda sendiri.

Dalam posting ini dan saya akan membantu Anda membuat merek pribadi Anda sendiri dengan terlebih dahulu memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang membuat sebuah merek. (Petunjuk, itu bukan hanya logo.) Saya juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk membuat merek pribadi yang efektif dengan mendefinisikan niche Anda. Akhirnya, saya akan membawa Anda melalui 4 komponen penting untuk menciptakan merek pribadi Anda sendiri.

Apa itu Merek?

Sebelum kita dapat menciptakan personal brand, kita perlu memahami apa sebenarnya merek itu.

Kebanyakan orang memikirkan merek sebagai logo. Meskipun banyak merek memiliki logo, tapi merek bukan hanya logo. Sebuah logo hanya sebagian kecil dari apa yang membuat merek/brand.

Brand adalah benar-benar janji.

Sebuah merek adalah semua tentang harapan. Ketika Anda membuat sebuah merek, Anda sedang membangun satu set harapan tentang Anda atau perusahaan Anda dan Anda membuat janji untuk memenuhi harapan mereka.

Pikirkan tentang merek populer seperti Starbucks. Apa janji yang Starbucks buat?

Ketika Anda berjalan ke Starbucks, Anda segera memiliki beberapa harapan tentang apa yang akan ada di menu, bagaimana Anda akan diperlakukan dan bahkan jenis pencahayaan yang digunakan dalam lokasi seperti apa.

Sebuah logo mewah tidak membuat merek Starbucks menjadi sukses. Sebaliknya, janji unik yang dibuat Starbucks untuk Anda dan setiap pelanggan lainnya adalah apa yang membangun merek mereka.

Saya pikir sebuah merek memiliki empat komponen utama:

  • Pesan – Apa yang diwakili merek ini?
  • Visual – Bagaimana merek di tampilkan secara visual?
  • Konsistensiapakah pesan merek adalah memberikan yang sama dan salah satu yang saya bisa andalkan?
  • Paparan Berulangapakah merek muncul cukup sering bagi saya untuk mengenalinya?

Tanpa empat aspek tersebut, sebuah merek ditakdirkan untuk gagal. Sebuah merek harus memiliki pesan yang konsisten yang jelas, dan diakui secara visual beberapa kali dalam rangka untuk menjadi efektif.

Kami akan kembali dan memecah masing-masing empat komponen nanti, tapi sebelum kita lakukan itu, mari kita bicara tentang apa itu personal branding.

Personal branding

Lebih mudah untuk membayangkan apa itu personal branding adalah jika Anda dapat melihat diri Anda sebagai sebuah bisnis.

Hello-My-Name-Is

Alih-alih memikirkan karir Anda sebagai pekerjaan Anda saat ini, coba dan bayangkan diri Anda sebagai bisnis yang menyediakan jasa pengembangan perangkat lunak. Jika Anda bekerja untuk orang lain, Anda hanya kebetulan memiliki satu pelanggan sekarang.

Ketika, Anda berpikir menjadi sebuah bisnis, personal branding jauh lebih masuk akal. Ini adalah merek yang Anda terapkan pada bisnis Anda.

Sebuah merek pribadi adalah janji yang Anda buat dan harapan Anda membuat tentang layanan yang Anda berikan.

Dalam rangka untuk menciptakan merek pribadi yang baik, Anda harus memilih apa yang disebut niche. Niche adalah spesialisasi di pasar yang lebih besar.

Misalnya, Anda dapat memilih untuk membuat niche Anda menjadi ranah database NoSQL. Mungkin Anda ingin dikenal sebagai database Wizard NoSQL.

Atau mungkin Anda adalah guru JavaScript pembangunan berbasis testing,  yang mengkhususkan diri dalam mengajar pengembang JavaScript bagaimana menulis tes yang efektif untuk kode mereka.

Semakin Anda mendapatkan ceruk ke dalam pasar, merek Anda akan kuat berada di pasar tertentu. Ketika Anda menelepon tukang ledeng karena pembuangan sampah Anda rusak, Anda akan lebih mungkin untuk memanggil ABC Plumbing atau The Garbage Disposal Fix-it Man?

Anda akan memiliki lebih banyak kesuksesan dalam menciptakan merek pribadi jika Anda bisa memberikan spesialisasi dan sespesifik mungkin.
(Ngomong-ngomong, jika Anda mencari buku yang bagus mengenai personal branding, meskipun buku ini disebut Personal Branding for Dummies, saya menemukan itu menjadi sebuah buku yang sangat komprehensif.)

Membuat Pesan

Komponen utama dari merek Anda akan menjadi pesan Anda. Pesan Anda adalah apa yang mewakili merek Anda. Sebuah merek tanpa pesan tidak benar-benar melakukan apa-apa, karena tidak berusaha untuk mengkomunikasikan apapun.

Pesan Anda harus mengkomunikasikan merek Anda yaitu tentang dan kumpulan harapan dan janji-janji merek yang akan anda berikan.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam memikirkan pesan untuk merek pribadi Anda, tempat pertama untuk memulai adalah dengan melihat nilai yang Anda berikan. Berapa nilai Anda sebagai pengembang perangkat lunak atau perusahaan pengembangan perangkat lunak sediakan?

Mengapa seseorang harus mempekerjakan Anda untuk pekerjaan itu?

Di balik pesan Anda harus memiliki nilai unik yang Anda berikan. Apakah Anda developer frontend terbaik yang bisa dibeli dengan uang? Anda bisa belajar teknologi baru lebih cepat daripada orang lain? Apakah value proposition yang unik yang Anda tawarkan yang harus memaksa seseorang untuk mempekerjakan Anda bukan orang lain?

Membuat Visualisasi

Meskipun logo bukanlah satu-satunya hal yang membuat sebuah merek, hal ini tentunya merupakan bagian penting dari sebagian besar merek. Sebuah merek yang baik memiliki visual yang baik, dan Anda juga harus begitu.

Jelas tempat pertama untuk memulai adalah dengan membuat logo Anda sendiri. Anda bisa menggunakan nama perusahaan atau membuat logo dari nama Anda sendiri. Saya telah melihat keduanya digunakan sangat efektif. Sebagai contoh, saya menggunakan Simple Programmer sebagai merek saya, dan saya sudah memiliki logo yang dibuat untuk merek itu.

Anda tidak perlu menghabiskan jumlah uang berlebihan untuk mendapatkan sebuah logo yang baik. Aku mendapatkan logo bagus yang dibuat untuk saya sebesar $5 di situs popular Fiverr. Anda juga dapat menemukan seseorang di oDesk dengan murah yang akan membuat logo yang sangat baik.

Anda juga ingin memiliki skema warna yang baik yang Anda gunakan dengan semua brand Anda. Saya akan merekomendasikan menggunakan skema warna yang sama pada profil online Anda dan blog Anda, jika Anda memiliki satu. (Dan Anda benar-benar harus memilikinya.)

Saya juga, merekomendasikan menggunakan stok foto untuk membantu membentuk pesan Anda. Jika Anda ingin sumber yang baik untuk stok foto periksa despositphotos.

Akhirnya, sejauh visual pergi, Anda ingin memiliki headshot yang baik yang dapat Anda gunakan di mana-mana Anda menempatkan gambar Anda secara online. Saya akan merekomendasikan untuk mendapatkan headshot profesional. Berikut adalah tip yang baik tentang cara untuk menyelesaikannya dengan murah: Lain kali Anda jika anda membuat foto keluarga, minta fotografer untuk melakukan beberapa headshots untuk Anda juga.

headshot

Tetap Konsisten

Setelah Anda punya pesan dan Anda punya beberapa visual yang bagus untuk melangkah dengannya, Anda harus konsisten menerapkan pesan dan visual secara baik agar benar-benar menciptakan sebuah merek.

Konsistensi adalah bagian besar dari membangun merek pribadi Anda. Anda tidak dapat menjadi Joe pria C++ pointer hari ini, dan Joe guru basis data besok. Anda harus memilih sesuatu dan tetap dengan itu cukup lama untuk menangkapnya.

Pikirkan tentang beberapa contoh merek pribadi Anda yang anda kenali. Apakah merek-merek pribadi berubah dari hari ke hari? Ketika Anda pergi ke situs web blogger teknologi favorit Anda, apakah Anda memiliki ide yang cukup baik dari apa yang Anda akan lihat dan seberapa sering Anda akan melihat konten baru?

Aku tidak akan berbohong, itu akan memerlukan beberapa waktu untuk membangun merek pribadi Anda, tetapi jika Anda konsisten dengan kegiatan yang Anda lakukan, visual yang Anda gunakan dan pesan yang Anda berikan, Anda akan membangun merek pribadi untuk diri sendiri dari waktu ke waktu.

Mamaparkan Merek

Anda dapat melakukan segala sesuatu yang lain dengan benar dan jika Anda tidak memiliki paparan berulang, Anda masih tidak akan memiliki banyak merek.

Jika Anda hanya melihat atau mendengar dari sebuah merek sekali atau dua kali, itu tidak akan menempel di kepala Anda dan tidak akan efektif.

Dalam rangka untuk membuat merek pribadi Anda menancap, Anda perlu memaparkan pesan dan visual yang sama  untuk orang yang sama atau sekelompok orang.

Ada banyak cara untuk memaparkan merekmu, termasuk:

  • Aktif membuat dan memaintain blog
  • Menulis artikel di majalah atau komentar di blog lainnya
  • Berbicara di komunitas atau konferensi
  • Muncul di podcast atau media lainnya
  • Menulis sebuah buku, mempublikasikan sendiri atau lewat publisher
  • Berkontribusi pada open source
  • Membuat video You Tube atau tutorial

Pada awalnya, Anda mungkin hanya dapat melakukan beberapa hal-hal ini, tetapi karena Anda membangun merek Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk berbuat lebih banyak dan lebih banyak hal di daftar ini dan bahkan beberapa hal yang tidak ada di daftar ini.

Yang penting adalah bahwa Anda mendapatkan diri Anda di luar sana dan memberikan nilai nyata bagi orang lain. Jika Anda memberikan nilai dan Anda melakukannya dengan cara yang konsisten yang memanfaatkan pesan dan visual merek Anda, Anda akan membangun pengenalan merek dan menciptakan peluang bagus untuk diri sendiri.

Kemana setelah ini

Aku hanya bisa membahas begitu banyak dalam posting blog singkat tentang personal branding. Aku punya lebih banyak informasi mendalam tentang topik yang dibahas dalam posting ini, yang mana saya bekerja untuk membuat sebuah paket tentang Pemasaran Diri sebagai Pengembang Software. Dalam paket itu, aku akan memiliki serangkaian video lengkap tentang membangun merek. Jika Anda ingin tahu kapan kursus dilaksanakan, pastikan Anda mendaftar disini. (Saya juga akan memberitahu Anda ketika saya memposting postingan blog mengenai meningkatkan karir Anda.)
diterjemahkan bebas dari : http://www.javacodegeeks.com/2014/02/building-your-personal-programmer-brand.html

Advertisements

About phpgeek programmer

pemimpi yang berharap menjadi the best programmer di zamannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s